Monday, January 21, 2019

ada apa dengan Jepang?

Wah terharu akhirnya sampai di postingan terakhir dari 7 days 7 posts challenge yang saya buat untuk menantang diri sendiri konsisten menulis. Bisa dikatakan ini pencapaian luar biasa dalam sejarah blog ini *lebay* karena untuk pertama kalinya dalam setahun bisa mempublish 7 tulisan padahal masih di bulan Januari. Saya sungguh terharu :")

Awal mula kembali membuka blog lagi beberapa hari yang lalu adalah karena nggak sengaja teringat dan dorongan dari pak suamik untuk menulis. Bagi saya, menulis puisi jauh lebih mudah dibanding artikel panjang, apalagi mempertahankan konsistensi. Saya merasa ilmu yang masih cetek ini nggak ada apa-apanya untuk dibagi, tapi setiap kali menunjukkan hasil tulisan ke pak suamik malah jadi semakin semangat untuk terus bercerita.

sakura dua tahun yang lalu

Sebagian orang merasa pergi ke negara baru bisa jadi sesuatu yang menakutkan. Ditambah dengan language barrier yang semakin memperkeruh suasana adaptasi. Saya harap melalui blog ini saya bisa mengurangi ketakutan tersebut dengan memberikan sedikit gambaran tentang bagaimana kehidupan di Jepang, khususnya dari sisi seorang mahasiswa sekolah pascasarjana yang sedang berjuang menghadapi kerasnya ldm. Dalam beberapa bulan semoga sudut pandang ini suduh berubah, alias sudah lulus.

Terima kasih untuk teman-teman yang sudah membaca blog ini. Kalau mempunyai pertanyaan atau request tulisan tentang Jepang silakan ditulis di komen. Siapa tahu saya bisa bercerita ;)

0 komentar:

Post a Comment