Saturday, January 19, 2019

membeli buku berbahasa Inggris di Jepang

Nggak semua orang yang tinggal di Jepang memiliki kemampuan bahasa yang memadai untuk membaca buku berbahasa Jepang, bahkan untuk yang sudah mahir pun banyak yang lebih memilih buku dengan bahasa ibu mereka. Koleksi bacaan saya di Indonesia bisa bertambah belasan hingga puluhan dalam setahun, hal ini tentu nggak mudah untuk diterapkan di Jepang. Selain karena harganya yang mahal banget, alasan utamanya ya karena memang susah bacanya. Biasanya saya lebih memilih untuk membeli buku berbahasa Inggris secara online yang harganya lebih murah. Daftar di bawah ini siapa tahu bisa jadi referensi berbelanja buku bahasa Inggris untuk kalian yang tinggal di Jepang ;)

1. Amazon
Siapa sih yang nggak tahu salah satu situs jual beli terbesar di dunia ini? Bukan hanya menyediakan buku berbahasa Jepang saja, kita juga bisa membeli buku berbahasa asing dengan katalog yang cukup lengkap dengan harga lebih murah dibanding di toko buku. Walaupun nggak semua, pilihan buku yang menyediakan free shipping dengan standard delivery atau free scheduled delivery untuk anggota Amazon Prime lumayan banyak. Buku yang dibeli bisa langsung diantar ke rumah atau diambil di konbini (convenient store). Nggak jarang Amazon menyediakan potongan harga yang cukup menggiurkan. Kalau rajin bisa dapat buku idaman dengan harga miring! :D

beberapa buku bahasa Inggris yang dibeli di Jepang

Situs jual beli yang ini memang mengkhususkan diri untuk menjual buku dan memiliki fasilitas free shipping ke seluruh dunia tanpa batas minimal pembelian. Asik banget kan? Karena memang toko buku, pilihan bukunya banyak banget sampai galau mau beli yang mana. Bisa lihat daftar best seller mereka dengan berbagai klasifikasi sebagai referensi. Harganya pun nggak terlalu mahal dan sering ada promo potongan harga. Kekurangannya ya karena diship dari luar Jepang (UK/Aussie), waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke rumah relatif lebih lama. Tapi, so far so good sih, bisa digunakan juga untuk membeli buku bahasa Inggris kalau sudah pulang ke Indonesia nanti.

Berbeda dengan dua toko buku di atas, Maruzen mempunyai toko fisik yang lumayan mudah ditemukan di Jepang. Di Nagoya, toko buku ini bisa ditemukan di daerah Sakae dengan buku asing di lantai atas. Buku berbahasa Inggris yang dijual lumayan banyak, walaupun harganya lebih mahal dibanding yang dijual di dua situs online sebelumnya. Tapi, kalau mau beli buku sambil nongkrong di toko buku dan check in di Swarm biar kelihatan hits, boleh banget mampir ke sini.

Baca juga: berburu beasiswa ke negeri sakura (monbukagakusho)

4. Loft
Kalau pergi ke Jepang, mungkin ini salah satu toko yang sering kalian lihat dengan tema toko warna hitam dan kuning. Barang yang dijual pun beraneka ragam. Di cabang yang besar, kita bisa menemukan dari mulai produk kecantikan sampai peralatan tulis. Pertama kali iseng turun ke lantai basement Loft di Sakae, ternyata mereka juga menjual buku berbahasa Inggris. Jumlah buku yang dijual nggak terlalu beda jauh dengan di Maruzen, dan harganya juga lebih mahal dibanding di online shop. Tapi, berdasarkan pengalaman, harga kebanyakan barang di Jepang itu hampir sama, jadi kalau membutuhkan buku dalam waktu cepat nggak ada salahnya membeli di offline store.

5. Toko buku di Kampus
Nggak terlalu yakin sebenarnya semua kampus punya toko buku yang menyediakan buku bahasa Inggris. Variasi buku yang disediakan juga mungkin nggak terlalu banyak, dan mostly buku penunjang pelajaran. Kadang kalau kita terdaftar sebagai anggota, bisa mendapatkan potongan harga yang lumayan lho secara harga buku paket kan mahal banget ya bisa sampai jutaan rupiah. Pernah juga ada sale buku bekas yang masih sangat layak dan harganya hanya 500 yen. Kalap banget mau beli semuanya kalau nggak ingat nanti bawa pulangnya ke Indonesia susah hahaha.

6. Book Off
Baru tahun lalu saya menemukan bahwa Book Off yang besar juga memiliki stok buku berbahasa Inggris. Untuk yang belum tahu, Book Off adalah toko barang bekas yang tersebar di (hampir) seluruh Jepang. Selain buku, biasanya kita bisa menemukan barang-barang bekas seperti baju, sepatu, tas, sampai collectible items. Mahasiswa kayaknya pasti familiar dengan Book Off, Hard Off, dan teman-temannya.

Karena memang barang bekas, jadi kondisi bukunya bervariasi, jumlahnya terbatas, dan setiap cabang ketersediaannya berbeda-beda. Buku yang dijual masih layak untuk dibaca dan nggak jarang harganya menggiurkan. Kalau kalian nggak masalah dengan buku bekas, Book Off bisa jadi salah satu pilihan oke, apalagi orang Jepang terkenal sangat apik menjaga barang.

Baca juga: pengalaman kuliah master di Jepang

Sampai sekarang, baru enam tempat ini yang saya tahu menjual buku berbahasa Inggris di Jepang. Kalau menemukan tempat baru (dan nggak lupa update), insyaAllah akan saya update postingannya. Cheers! ;)

PS: teman-teman yang punya pertanyaan tentang Jepang, silakan komen di sini ya.

0 komentar:

Post a Comment